Jumat, 25 Juli 2014

Apa Sulitnya Menulis?

Apa Sulitnya Menulis?


Menulis adalah kegiatan yang sudah banyak dilakukan orang. Kegiatan yang dilandasi membaca itu, mulai diperkenalkan sejak kecil. Dimulai menulis huruf perhuruf, kata perkata, bahkan terbentuklah  kalimat. Semakin lama, kegiatan itu semakin bermanfaat untuk ke depannya.
            Di jenjang pendidikan, menulis bukanlah  hal yang asing lagi bagi para siswa. Hampir setiap pelajaran berlangsung, para siswa mencatat apa yang telah diterangkan oleh guru. Tak hanya itu, para siswa pun turut mengerjakan apa yang ditugaskan.
            Pelajaran Bahasa Indonesia adalah pelajaran yang biasanya mempelajari  tentang menulis cerpen, novel, puisi, proporsal, essai, dan sebagainya.  Sebelum para siswa diajak untuk menulis, mereka biasanya harus mempelajari bagaimana langkah-langkah membuatnya. Setelah para siswa memahami, para siswa  dapat membuat sebuah karya, contohnya novel. Tak jarang dari sebagian siswa bingung dalam menentukan tema, alur cerita, bahkan pemilihan kata yang tepat. Hal itulah yang membuat mereka menyerah dalam menuliskan sebuah karya.

Jalan Tempuh
           
            Teruslah mencoba dan mencoba. Apabila diamati, semua siswa pasti memiliki pengalaman yang unik, lucu, mengesankan, menyedihkan, bahkan menyeramkan. Dari semua itu, sebenarnya mereka dapat menuangkan pikirannya ke dalam bentuk tulisan. Dan diusakan menulislah selama ide masih berjalan. Jika ide itu sudah habis, tinggalkan sejenak dan carilah tempat yang dapat membuat perasaan menjadi nyaman dan tentram atau lakukanlah hal yang disukai. Untuk menambah ilmu tentang menulis, banyak-banyaklah membaca. Tak hanya buku, koran pun turut serta membantu. Dalam penulisan artikel, kita dapat mengamati tulisan-tulisan yang ada didalamnya.
            Menurut pengalaman penulis, menulis adalah kegiatan yang menyenangkan, Yang bermula dari sebuah tugas membuat cerita dan seiring berjalannya waktu, penulis ingin terus membuat tulisan, tulisan, dan tulisan. Inilah yang membuat para penulis ketagihan dalam kegiatan menulis. Selama masih berkeinginan kuat untuk menulis, para siswa dipastikan bisa menghasilkan sebuah karya melalui sebuah tulisan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar